Perusahaan Terbesar Di Dunia , Russia

Perusahaan Terbesar Di Dunia , Russia


Perusahaan Gazprom berpusat di selatan Moskow. Di puncak gedung Gazprom yang tinggi megah, menyala simbol huruf G berwarna biru, gambar api serta tulisan Gazprom dengan aksara Rusia. Di lantai ke-7 gedung itu ada sisi perlu. Terkadang jadi jantung, terkadang jadi otak Gazprom.

" Kita ada di pusat pengiriman, Disini, semua sistem dikendalikan, dari mulai eksplorasi gas serta kondensat, dan minyak bumi. Kami mencari semua jalur transportasi gas serta pemrosesannya, pengiriman ke semua Rusia dan ke Eropa, “jelas Anatoli Paramonov, wakil pimpinan pusat pengendalian Gazprom.

Kondensat yang disebut Paramonov yaitu minyak enteng bernilai tinggi yang keluar dengan jadwal bola piala dunia gas saat dipompa dari perut bumi. Tujuh insinyur bekerja didalam satu giliran kerja di ruang pusat pengiriman di Moskow.

Marina yaitu satu diantara anggota grup kerja itu. Lewat computer, mereka tengah mengawasi saluran gas Novopskov dari Orenburg di pegunungan Ural ke Ushgorord, stasiun perbatasan di Ukraina ke Eropa barat. “Dari tabel ini, saya bisa lihat keseluruhannya saluran gas, desakan serta muatan materialnya, ” kata Marina.

Beberapa karyawan pusat pengiriman Gazprom memanglah bisa mengawasi serta mengatur aliran gas. Tapi mereka tidak bisa demikian saja mematikan aliran gas lewat computer. Bila memanglah saluran gasnya ditutup, seperti yang berlangsung pada Ukraina, jadi itu dikerjakan oleh karyawan stasiun kompresi di perbatasan Ukraina-Rusia.

Th. 1989 Gazprom jadi perusahaan jadi lanjutan dari kementerian gas Uni Soviet. Sekarang ini Gazprom adalah perusahaan paling besar di Rusia. Bahkan juga sekitaran bln. Juni 2008 lantas, sebelumnya dunia dirundung krisis keuangan global, saham Gazprom ada di posisi ke-3 sesudah Exxon Mobil serta General Electric. Gazprom sekarang ini mempunyai 430 ribu karyawan dengan upah cukup serta tempat yang aman. Marina dari pusat pengiriman Gazprom juga senang dengan pekerjaannya, walaupun juga dia mesti kerja dalam giliran siang atau malam.

Lalu datanglah krisis, harga minyak jatuh serta jatuh juga harga gas bumi. Saham Gazprom juga kehilangan nilainya. Diluar itu, pendapatan perusahaan yang sebagian besar sahamnya dipunyai pemerintah Rusia, juga menyusut karena anjloknya harga gas bumi. Problem Gazprom makin besar. Sekarang ini Gazprom miliki hutang lebih dari 35 miliar Euro, serta 30 prosentasenya mesti dibayar dalam dua th. yang akan datang. Gazprom membutuhkan pertolongan keuangan sejumlah miliaran Euro dari pemerintah Rusia.

Atas perintah Kremlin, th. lantas Gazprom memakai credit serta keuntungan besar yang dicapai untuk beli perusahaan minyak Sibneft dari konglomerat Abramovich, beberapa saham perusahaan Yukos serta project pengembangan minyak serta gas Sakhalin II dari Shell. Gazprom kurang lakukan investasi dalam soal pembangunan serta pengembangan gudang baru. Gazprom sekarang ini membutuhkan miliaran Euro untuk buka ladang gas Shtokmann di Laut Barents serta membuat saluran pipa termasuk juga di Laut Baltik. (ls)

Comments

Popular posts from this blog

Perusahaan Terbesar Yang Ada Di Dunia

7 Perusahaan Mobil Terkenal Yang Menjadi Sponsor Club Sepak Bola

5 Perusahaan Terbesar Yang Ada Di Seluruh Dunia